PENGERING MATAHARI




Pengering matahari dapat digunakan untuk mengeringkan ikan, daging, sayur-sayuran, dan buah-buahan, serta tetap menjaga makanan dari gangguan serangga dan hewan lainnya. Alat ini membuat makanan mengering lebih cepat, misalnya ikan yang bila dijemur biasa membutuhkan waktu 1 minggu untuk mengeringkannya, dengan alat ini akan membutuhkan cukup 2 hari.

Pengering matahari membantu mengurangi pembuangan makanan, terutama saat pascapanen, dimana banyak makanan yang tidak habis dikonsumsi atau dijual. Nutrisi makanan akan tetap tertinggal di dalam makanan, dan makanan yang telah dikeringkan juga mudah diperdagangkan atau dijual. Ada banyak tipe dari pengering-pengering matahari tapi kami akan menjelaskan 2 di antaranya.



1.  Pengering Plastik
Pengering plastik tenaga matahari menggunakan disain yang sederhana sekali. Kerangkanya terbuat dari kayu dan dibungkus plastik bening dengan rapat. Di bagian dalamnya terdapat rak-rak terbuat dari bingkai kayu dan kawat serangga sebagai dasarnya. Kaki-kaki kayu raknya dipasang kaleng yang berisi air untuk mencegah semut yang bisa merusak makanan. 
Bagian belakang pengering bisa dibuka, agar dapat lebih mudah menjangkau ke dalam. Di bawah pada bagian depannya ditambahkan bagian ekstra untuk menangkap hawa panas. Di bagian ini, di atasnya dibungkus dengan plastik bening. Hawa panas akan tergiring kedalam, dan bergerak ke atas karena hawa panas selalu bergerak ke atas, hingga ke puncak rak, dan kemudian keluar lewat kawat serangga bagian atas. Metode ini disebut ventilasi, yang akan membantu mempercepat proses pengeringan.

2.  Pengering Kayu dan Kaca
Pengering jenis ini bekerja dengan baik untuk mengeringkan bahan-bahan dengan cepat, seperti:
• Ikan besar, lamanya 3 hari.
• Ikan kecil, lamanya 1 hari.
• Sayuran, lamanya 1 hari.
• Daging, lamanya 3 hari (untuk daging yang diiris-iris
setebal 3 cm).
Pengering tenaga matahari ini lebih mahal untuk membuatnya, namun mampu mengeringkan makanan dengan lebih cepat dan tahan lama dibanding pengering plastik. Alat pengering ini juga mudah untuk dibersihkan. Jika dirawat dengan baik, alat ini bisa tahan hingga 5 tahun, atau lebih. Sama seperti pengering dari plastik, alat ini bekerja berdasarkan pada ventilasi/sirkulasi udara.

1 Response to "PENGERING MATAHARI"

  1. Nur Soleh says:

    infoya bagus sekalai, mohon penjelasan rinciannya dong untuk membuaty....trimks

Posting Komentar

Test Footer 2

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Video Category